Langsung ke konten utama

Sejarah

            Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau yang selanjutnya disingkat Hima IP. Merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan yang didirikan pada tanggal 26 Maret 2015  yang pada sampai saat ini memiliki tujuan sebagai wadah mahasiswa dalam rangka pengembangan kepribadian dan keilmuan khususnya ilmu pemerintahan sebagai generasi penerus bangsa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki idealisme, jiwa patriotisme dan nasionalisme dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan tinggi dan tujuan pendidikan nasional demi terwujudnya keadilan sosial, sesuai yang termaktub di dalam anggaran dasar HIMA IP 2017.


            Kemudian estafet kepemimpinan di HIMA IP FISIP UNTIRTA terus bergulir seiring dengan bergantinya tahun akademik. Pergantian kepemimpinan di HIMA IP dimulai dari angkatan 2014 sampai sekarang mengalami beberapa proses dialektika yang beragam, dimulai dari berdirinya HIMA IP FISIP UNTIRTA itu sendiri yang dimana pada tahun angkatan pertama 2014 menyadari bahwa mahasiswa Ilmu Pemerintahan harus memiliki wadah Himpunan untuk mengembangkan kepribadian dan keilmuan bagi program studi Ilmu Pemerintahan oleh karena itu berangkat dari kesadaran massa maka berdirilah HIMA IP pada tanggal 26 Maret 2015 yang diawali oleh kepengurusan Satria – Sifa Nurfadillah (2015), kemudian Satria – Ian ( 2016 ), Risa – Fatur ( 2017 ) yang dipilih melalui Pemilihan Raya ( Pemira ) dan kemudian sampai pada hari ini kepemimpinan HIMA IP telah diamanahkan dari mahasiswa Ilmu Pemerintahan melalui Musyawarah Besar Ilmu Pemerintahan kepada Aditya Hammam Ramdhani sebagai ketua dan Fitriani Nur Halizah sebagai wakil ketua HIMA IP FISIP UNTIRTA 2018.

            Saat ini sudah 4 Tahun HIMA IP FISIP UNTIRTA berdiri. Keberadaan dari HIMA IP tidak lain tidak bukan adalah sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga sudah menjadi kewajiban kita mengamalkan dan mengimplementasikan teori dan praktek yang ada di Ilmu Pemerintahan.

            Pada perjalanannya, HIMA IP telah menghasilkan berbagai program kerja yang pada dasarnya bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan melalui pemenuhan kebutuhan para mahasiswa Ilmu Pemerintahan . Begitu panjang perjuangan yang sudah dilakukan oleh para pendahulu, dan kini sudah menjadi tanggung jawab bagi kami dan kita semua untuk menjadi sosok yang harus maju dan mulai bergerak bersama dalam melanjutkan perjuangan. Seiring dengan dialektika perkembangan zaman, maka begitupun persoalan-persoalan telah muncul. Tercatat pada tahun ini sebanyak hampir 300 ± mahasiswa di FISIP Untirta adalah mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Maka keberadaan HIMA IP FISIP UNTIRTA 2017 sebagai student government harus benar benar hadir diantara mereka untuk dapat menghimpun dan mewadahi segala aspirasi serta apresiasi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Kegiatan Satu Tahun

Hima IP 2018 memiliki beragam agenda yang akan dijalankan pada satu tahun kepengurusan yang dimana Hima IP 2018 Kabinet Maju Bersama memiliki agenda sebagai berikut :


E-LibrarIP

[E-librarIP]



Menurut hasil survey dari studi Most Littered Nation In the World pada tahun 2016, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya, hanya 1 dari 1000 orang yang memiliki minat baca pertahun. Rendahnya budaya literasi berimplikasi kepada permasalahan yang menjadi diskursus publiky saat ini mengenai ujaran kebencian dan hoax.

Untuk itu, kami ingin menjadi wadah bagi kawan-kawan yang ingin menambah pengetahuan dan mengembangkan budaya literasi melalui literatur yang kami sediakan secara online di :

http://bit.ly/E-LibrarIP


Salam literasi!


Narahubung: Muhamad Zulfikar Alfaraby (0895332914136)

Departemen Kajian dan Aksi Strategis
Kabinet Maju Bersama
HIMA IP FISIP UNTIRTA 2018

Makna Logo Kabinet Maju Bersama

Makna Logo

Api Kami menginisiasi logo dasar tersebut seperti api, karena menurut kami api merepresentasikan semangat yang membara, energi kehangatan dan cahaya. Layaknya sebuah api yang berkobaar, organisasi juga harus memiliki semangat yang mencerminkan sifat api yang terus berkobar.
Sayap Elang Sayap elang mengartikan bahwa sebagai organisasi yang meningkat terus menurus dan harus menerjang segala rintangan karena elang adalah burung yang mampu terbang paling tinggi di dunia ini. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa ketinggian angin selalu bertiup sangat kencang.
Tangan Tangan menggambarkan bahwa dengan saling bahu membahu secara kolektif untuk memajukan organisasi, tangan juga menggambarkan kekeluargaan dan kebersamaan.
Warna ·Hijau melambangkan optimisme, kebebasan dan keseimbangan. ·Kuning melambangkan kepercayaan diri serta kreatif ·Jingga melambangkan kenyamaan dan kehangatan