Langsung ke konten utama

Struktur HIMA IP 2018


Berikut struktur organisasi HIMA IP UNTIRTA 2018 :



Susunan kepengurusan Hima IP adalah sebagai berikut:

1.      Ketua Umum
a.    Ketua umum merupakan jabatan tertinggi di Hima IP.
b.  Ketua umum dipilih melalui Pemilihan Raya dan/atau Musyawarah Besar  oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan.
c.   Ketua umum bertanggungjawab penuh atas Himpunan selama satu periode.
d. Apabila Ketua umum lalai dalam tanggungjawabnya, maka Ketua umum dapat diberhentikan dalam Musyawarah Besar Luar Biasa.

2.      Wakil Ketua Umum
a.   Wakil Ketua umum merupakan jabatan tertinggi kedua di Hima IP.
b. Wakil Ketua umum dipilih melalui Pemilihan Raya dan/atau Musyawarah Besar oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan.
c.    Wakil Ketua umum bertanggungjawab penuh atas Himpunan selama satu periode.
d.  Apabila Wakil Ketua umum lalai dalam tanggungjawabnya, maka Wakil Ketua umum dapat diberhentikan melalui Musyawarah Besar Luar Biasa.

3.      Sekretaris Umum
Sekretaris merupakan bagian dari Steering Committee Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Untirta yang bertanggungjawab mengkoordinasi kegiatan surat-menyurat, pengarsipan, dan segala bentuk laporan.

4.      Bendahara Umum
Bendahara merupakan bagian dari Steering Committee Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Untirta yang bertanggungjawab dalam mengatur sirkulasi keuangan Himpunan. Serta melaporkan aliran kas kabinet dalam pengelolaan anggaran, bendahara kabinet dapat dibantu dan berkoordinasi dengan Biro Dana dan Badan Usaha.

5.      Departemen Pendidikan Kaderisasi
Departemen Kaderisasi merupakan departemen yang mempunyai peran sentral dalam pengembangan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di dalam keadaan internal himpunan yang bertanggung jawab atas proses pendidikan, perekatan, dan regenerasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP UNTIRTA.

6.      Departemen Kastrat
Departemen Kastrat merupakan departemen kajian dan aksi strategis (Kastrat),  berfungsi sebagai sarana Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Untirta untuk mengasah kemampuan akademik dan merangsang daya berpikir kritis terhadap isu-isu yang beredar di tingkat kampus, daerah, nasional, maupun internasional dan kemudian mampu menentukan tindakan yang tepat terhadap isu tersebut.

7.      Departemen Mikat
Departemen Minat dan Bakat (Mikat) berfungsi sebagai penyalur daya kreativitas  dalam pengembangan minat bakat di bidang seni dan olahraga, serta mengapresiasi terhadap Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Untirta yang berpartisipasi dan berprestasi.

8.      Departemen Kominfo
Departemen Kominfo (Komunikasi, Media, dan Informasi) berfungsi sebagai media utama Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Untirta yang kreatif dalam menerima, menyampaikan informasi, menjalin relasi dengan internal maupun eksternal serta mengembangkan citra positif Ilmu Pemerintahan FISIP Untirta.

9.      Departemen Advokesma
Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) merupakan departemen yang bergerak di bidang pengadvokasian dan kesejahteraan mahasiswa yang hadir untuk menjembatani dan melayani kebutuhan Mahasiswa dengan pihak-pihak terkait serta meningkatkan kesejahteraan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Untirta.

10.  Departemen Sosmas
Departemen Sosial dan Masyarakat (Sosmas) berfungsi menanamkan nilai-nilai kepekaan sosial Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Untirta sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi.

11.  Biro Dana dan Badan Usaha
Biro Dana dan Badan Usaha berperan dalam mengelola tata usaha dan mencari sumber-sumber pendanaan untuk keberlangsungan program kerja himpunan mahasiswa ilmu pemerintahan FISIP Untirta sekaligus berkoordinasi dengan Bendahara umum dalam mengelola keuangan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Kegiatan Satu Tahun

Hima IP 2018 memiliki beragam agenda yang akan dijalankan pada satu tahun kepengurusan yang dimana Hima IP 2018 Kabinet Maju Bersama memiliki agenda sebagai berikut :


Kabinet Maju Bersama

KABINET MAJU BERSAMA


Pada periode kali ini HIMA IP FISIP UNTIRTA 2018 menginisiasi nama kabinet yaitu “Maju Bersama”, yang mana kata “Maju” dalam KBBI memiliki artian berjalan (bergerak) ke muka; tampil ke muka berpindah dari tempat atau kedudukan (tidak diam saja), (mulai) melakukan suatu usaha; mengadakan aksi; berusaha giat (dalam lapangan politik, sosial). Dalam sebuah organisasi, maju merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan dalam sebuah organisasi, berpindah dari kondisi yang sudah baik menuju yang lebih baik lagi, berusaha semaksimal mungkin dalam mewujudkan tujuan bersama yang tertuang dalam visi dan misi. “Bersama” menurut KBBI berarti berbarengan; serentak. “Bersama” massa adalah prinsip yang melandasi semua pekerjaan organisasi. Prinsipnya adalah dari massa untuk massa. Segala sesuatunya datang dari massa dan untuk massa kembali, kita mulai dari kebutuhan massa yang obyektif dan sedikit demi sedikit kita tingkatkan. Dalam menjalankan organisasi, merupakan sebuah keharus…

Makna Logo Kabinet Maju Bersama

Makna Logo

Api Kami menginisiasi logo dasar tersebut seperti api, karena menurut kami api merepresentasikan semangat yang membara, energi kehangatan dan cahaya. Layaknya sebuah api yang berkobaar, organisasi juga harus memiliki semangat yang mencerminkan sifat api yang terus berkobar.
Sayap Elang Sayap elang mengartikan bahwa sebagai organisasi yang meningkat terus menurus dan harus menerjang segala rintangan karena elang adalah burung yang mampu terbang paling tinggi di dunia ini. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa ketinggian angin selalu bertiup sangat kencang.
Tangan Tangan menggambarkan bahwa dengan saling bahu membahu secara kolektif untuk memajukan organisasi, tangan juga menggambarkan kekeluargaan dan kebersamaan.
Warna ·Hijau melambangkan optimisme, kebebasan dan keseimbangan. ·Kuning melambangkan kepercayaan diri serta kreatif ·Jingga melambangkan kenyamaan dan kehangatan