Langsung ke konten utama

Visi & Misi Kabinet Maju Bersama

VISI & MISI 



VISI
“Membangun Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang progresif, sinergis dan kontributif (POSITIF) bagi mahasiswa ilmu pemerintahan dengan kebersamaan “

HIMA IP UNTIRTA merupakan sebuah lembaga mahasiswa yang berarti sudah menjadi kewajiban bagi organisasi ini untuk mengabdi kepada massa mahasiswa dan masyarakat ilmu pemerintahan, selain itu keberadaan HIMA IP UNTIRTA tentu wajib tanpa syarat memposisikan status dan perannya secara seimbang yang berarti keberadaan HIMA IP UNTIRTA secara substansial dan esensial adalah diabdikan kepada kepentingan massa mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Oleh karena problematika yang terjadi di dalam ilmu pemerintahan yang menyebabkan tidak mampu terlibat aktifnya mahasiswa dalam memiliki rasa “sense of belonging” menyebabkan tidak maksimalnya keberadaan HIMA IP UNTIRTA sebagai pelayan massa bagi mahasiswa ilmu pemerintahan,  maka HIMA IP juga harus massif dan mampu hadir ditengah tengah mahasiswa sebagai bagian yang progresif guna merubah keadaan menuju arahnya yang lebih baik secara substansial agar berbagai keadaan seperti hal diatas dapat diperbaiki secepatnya, maka agar hal itu dapat terwujud dibutuhkanlah manusia penggerak yang maju dan berani bertindak dan mencintai massa dalam merubah hal itu dengan segala upaya mensemestakan kesadaran progresif secara kolektif kepada seluruh bagian massa ilmu pemerintahan.
Seiringan dengan hal tersebut yaitu progresif maka harus sinergis pula hal yang dilakukan tersebut agar pekerjaan – pekerjaan organisasi kedepannya dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu diperlukannya kerja – kerja secara kolektif kolegial dalam menjalankan sebuah organisasi agar dapat berjalan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya yaitu mengabdikan kerjanya kepada massa mahasiswa ilmu pemerintahan. Sehingga setelah hal tersebut berlangsung tentu akan butuh tiang kokoh guna menopang hal itu terus berlangsung secara konsisten dan kontinyu, maka dengan terciptanya sinergitas diantara tiap tiap individu di lingkup ilmu pemerintahan dapat terciptanya rasa “ sense of belonging ” itu tercipta agar dapat terciptanya organisasi yang diciptakan dari mahasiswa untuk mahasiswa.
Setelah daripada semua hal yang tertera diatas, telah kita ketahui hal – hal tersebut adalah ringkasan penjabaran tujuan HIMA IP UNTIRTA dalam satu periode kedepan, dan hal – hal diatas memiliki/prinsip yang fundamen yaitu adalah untuk mencapai tujuan kontribusi bagi massa mahasiswa. Atas segala halnya berdasar pada kenyataan ilmiah yang berarti setelah daripada input yang didapat oleh HIMA IP adalah ilmiah maka diharapkan output yang dihasilkan berkesesuaian dengan keadaan tersebut. Selain itu prinsip demokratis jugalah berarti bahwasanya HIMA IP harus menjadi sebuah wadah yang mampu menjadi alat amanah daripada kepentingan mahasiswa yang jelas, posisinya secara aktif tanpa syarat mencintai massa nya dan membuka selebar lebarnya ruang kebebasan berfikir, berpendapat dan lain – lain kepada massa, sehingga diharapkan dengan hal tersebut mampu untuk membangkitkan kesadaran, menggerakkan dan mengorganisasikan massa.
Sehingga kedepannya kinerja – kinerja dari HIMA IP FISIP UNTIRTA mampu digerakkan secara progresif,sinergis dan mampu berjalan dengan kontinyu dan secara massif dan dijalankan secara bersama sama agar prinsip - prinsip penting untuk melayani dan mengabdi kepada massa tidak pernah membiarkan dirinya terpisah apalagi tercerabut dari massa, senantiasa mengedapankan dan mengutamakan kepentingan massa dibandingkan dengan kepentingan diri sendiri.

MISI

1.      Senantiasa Aktif Memberikan Pelayanan dan Menjadi Fasilitator Kebutuhan Mahasiswa.
Kami sepakat untuk menentukan orientasi HIMA IP FISIP UNTIRTA 2018 sebagai wadah aktualisasi diri mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang ideal. Ketika sudah menjadi orientasi, maka kami akan membuat setiap kegiatan dan program kerja yang sejalan dengan aktualisasi diri mahasiswa Ilmu Pemerintahan . Aktualisasi diri yang dimaksud adalah sesuai dengan minat bakat, keinginan, dan kebutuhan mahasiswa Ilmu Pemerintahan.
Dengan penjabaran visi diatas sudah jelas bahwa keberadaan himpunan untuk terus memberikan pelayanan dan menjadi fasilitator kebutuhan mahasiswa ilmu pemerintahan sehingga keberadaan himpunan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa seutuhnya tanpa menegasikannya. Sehingga harus jelas sebagai organisasi kolektif yang bertujuan untuk melayani massa. Kewajiban kita adalah memenuhi tanggung jawab terhadap massa. Setiap kata-kata, setiap tindakan dan setiap keputusan kita mesti ditujukan untuk kepentingan massa, dan jika kemudian terjadi kesalahan, maka kita harus secara jujur mengakuinya dan terlebih lagi dengan berani dan rendah hati memperbaikinya.
Orientasi tersebut akan diinternalisasikan ke dalam kepengurusan, dan kemudian dijadikan acuan dari setiap kegiatan dan program kerja departemen/biro/bidang yang diharapkan sejalan dengan apa yang diinginkan oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan.

2.      Menjadikan HIMA IP Sebagai Wadah Untuk Menjaga Komunikasi dan Koordinasi Antar Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Secara Umum Maupun Pihak Ekstra Dalam Menunjang Relasi.
Dalam sebuah organisasi di lingkup himpunan tentunya berangkat dari visi tersebut sudah jelas bahwa diperlukannya komunikasi dan koordinasi untuk memperkuat kerja – kerja kedepannya agar bersinergis dan mampu mengimplementasikan watak – watak progresif tersebut. Sehingga dapat mendorong kebutuhan mahasiswa ilmu pemerintahan untuk menambah relasi yang dapat berguna dan bermanfaat bagi massa. Maka tentu dengan komunikasi dan koordinasi adalah harus jelas dan tepat yang dimana akan menciptakan terjaganya peran daripada masing – masing unit kerja dalam satu kesatuan himpunan mahasiswa ilmu pemerintahan.

3.    Meningkatkan Upaya Daya Fikir Kritis, Ilmiah Serta Mengabdi Pada Masyarakat Sesuai Dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Sebagai organisasi yang berwatak progressif tentu dalam prosees berfikir haruslah beersifat kritis, ilmiah serta dengan teori yang didadapat mampu mempraktikannya sebagai amalan kepada massa rakyat yang sudah termaktub didalam tri dharma perguruan tinggi sehingga teori yang didapat dibangku perkuliahan mampu dipelajari secara ilmiah sesuai dengan kondisi objektif yang sedang terjadi di tengah – tengah massa rakyat, yang dalam kondisi massa rakyat setengah jajahan setengah feodal yang terus menghisap massa rakyat tertindas tentu kehadiran pemuda mahasiswa sebagai kekuatan alternatif yang senantiasa harus siap sedia sebagai tenaga pendorong dalam membantu massa rakyat.

4.      Terdepan Dalam Mengawal Isu dan Responsif Terhadap Dinamika Sosial Politik.
Ditengah situasi tahun 2018 yang kita ketahui adalah sebagai tahun demokrasi politik local yang dimana pada tahun ini akan dilangsungkannya pilkada serentak. Keterlibatan Kota Serang menjadi salah satu daerah yang akan melangsungkan pilkada tentu akan memunculkan proses dinamika politik yang cukup menarik.
Tidak hanya itu saja, sebagai mahasiswa ilmu pemerintahan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik juga harus mampu mengawal isu – isu politik yang sedang berkenbang dan organisasi himpunan harus tetap responsive dalam menanggapi isu – isu tersebut. Tidak hanya isu mengenai pilkada saja namun kondisi dinamika sosial politik tersebut bisa berupa kebijakan – kebijakan pemerintahan yang tidak sesuai penerapannya di tengah – tengah massa rakyat.
Oleh karena itu, organisasi yang menjungjung tri dharma perguruan tinggi harus mampu mengimplementasikan hal tersebut sehingga ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan harus dipraktikan terlebih dalam mengkaji dan mengkritisi dinamika – dinamika sosial politik yang sedang berkembang di tengah – tengah massa rakyat.

5.       Membangun Iklim Organisasi yang Solid dan Profesional Dalam Kebersamaan
Dengan diciptakannya iklim organisasi yang solid dan professional tentu akan mewujudkan HIMA IP 2018 mampu bekerja secara efektif dan efisieen, apabila terdapat sekat disebuah organisasi tentu nanti kedepannya kerja – kerja organisasi tentu akan terhambat dikarenakan iklim organisasi yang tidak solid.
Sebagai organisasi yang maju tentu harus dijalankan dalam kebersamaan sehingga rasa “ sense of belonging “ dapat terwujud. Terlebih lagi sebagai organisasi yang mengedepankan nilai – nilai kolektif kolegial yang diharapkan dalam merekatkan kekeluargaan di keluarga ilmu pemerintahan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Kegiatan Satu Tahun

Hima IP 2018 memiliki beragam agenda yang akan dijalankan pada satu tahun kepengurusan yang dimana Hima IP 2018 Kabinet Maju Bersama memiliki agenda sebagai berikut :


Kabinet Maju Bersama

KABINET MAJU BERSAMA


Pada periode kali ini HIMA IP FISIP UNTIRTA 2018 menginisiasi nama kabinet yaitu “Maju Bersama”, yang mana kata “Maju” dalam KBBI memiliki artian berjalan (bergerak) ke muka; tampil ke muka berpindah dari tempat atau kedudukan (tidak diam saja), (mulai) melakukan suatu usaha; mengadakan aksi; berusaha giat (dalam lapangan politik, sosial). Dalam sebuah organisasi, maju merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan dalam sebuah organisasi, berpindah dari kondisi yang sudah baik menuju yang lebih baik lagi, berusaha semaksimal mungkin dalam mewujudkan tujuan bersama yang tertuang dalam visi dan misi. “Bersama” menurut KBBI berarti berbarengan; serentak. “Bersama” massa adalah prinsip yang melandasi semua pekerjaan organisasi. Prinsipnya adalah dari massa untuk massa. Segala sesuatunya datang dari massa dan untuk massa kembali, kita mulai dari kebutuhan massa yang obyektif dan sedikit demi sedikit kita tingkatkan. Dalam menjalankan organisasi, merupakan sebuah keharus…

Makna Logo Kabinet Maju Bersama

Makna Logo

Api Kami menginisiasi logo dasar tersebut seperti api, karena menurut kami api merepresentasikan semangat yang membara, energi kehangatan dan cahaya. Layaknya sebuah api yang berkobaar, organisasi juga harus memiliki semangat yang mencerminkan sifat api yang terus berkobar.
Sayap Elang Sayap elang mengartikan bahwa sebagai organisasi yang meningkat terus menurus dan harus menerjang segala rintangan karena elang adalah burung yang mampu terbang paling tinggi di dunia ini. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa ketinggian angin selalu bertiup sangat kencang.
Tangan Tangan menggambarkan bahwa dengan saling bahu membahu secara kolektif untuk memajukan organisasi, tangan juga menggambarkan kekeluargaan dan kebersamaan.
Warna ·Hijau melambangkan optimisme, kebebasan dan keseimbangan. ·Kuning melambangkan kepercayaan diri serta kreatif ·Jingga melambangkan kenyamaan dan kehangatan